Tentang Nggak Buka Gawai dan Tujuh Bulan Puasa Instagram.

credit

Awal bulan Juli 2019 lalu, saya dan keluarga dikasih rezeki sama yang di atas buat nyempetin berlibur beberapa hari. Liburan ini sebenernya juga dalam rangka ngunjungin si Mas yang ada acara di kampusnya. Dalam liburan kali itu, nggak tahu kenapa, saya emang niatin buat nggak mau buka handphone. Nggak tahu kenapa tapi sesimpel ya males aja.

Berhubung juga waktu seminggu sebelum berangkat, saya ikut kursus di ibukota yang jadwalnya padet banget (puol), alhasil ketika kursus udah selesai dan waktunya berangkat liburan, yang dimana liburannya udah mepet sama tanggal seharusnya masuk sekolah dan mulai kelas dua belas (yang saya  mikirnya bakal jadi tahun tersibuk dengan urusan dunia persiapan perkuliahan jadi gaada waktu buat bisa libur tenang–WHICH IS TRU.), alhasil waktu mau berangkat saya cuma mikirin gimana saya nikmatin ajalah liburan kali itu sepenuhnya, dan waktu itu memilih menikmati dengan cara nggak buka handphone.



Entah kenapa kayaknya semesta juga lagi ngedukung banget keputusan remeh itu, HAHA. Beneran, karena waktu sesampainya disana juga nggak bisa pakai provider dari operator seluler dan juga nggak bersinyal. Ditambah, stopkontak di daerah sana tipenya beda sama yang saya punya, jadi kalau mau nge charge harus pakai steker yang beda atau nggak pakai konektor, dan waktu itu keluarga saya yang bawa gituan cuma Ibu, jadi ya makin nihil kesempatan saya buat nyempetin buka handphone.

Selama disana, saya beneran nggak peduli sama handphone saya. Dari hari pertama baterainya udah habis, tapi nggak saya charge sampai di hari ketiga. Tempat penginapan kami sebenernya juga ada wifi, tapi dia nyambungnya di lobby aja (yang juga bikin saya tambah males buat buka handphone karena yakali bor sekedar lihat chat masuk aja harus turun ke bawah). Namun waktu itu saya sempet buka sih di hari-hari terakhir karena ngerasa nggak enak belum ngabarin ke temen-temen yang nyariin padahal kaga ada yg nyariin juga si kalau saya emang lagi nggak bersinyal dan akan susah dihubungin untuk sementara waktu sampai liburan selesai.

Kesannya?

Saya jadi lebih ngerasa peka sama sekitar.

Saya gak mau bohong sih kalau emang ada rasa sepi dan biasanya tiap lagi selo, mau buka handphone tapi inget kalau lagi nggak bisa. Suwung banget, asli, cuman saya berusaha ngalihin aja sama hal-hal lain. Alhasil, ya itu tadi, saya ngerasa bisa notice hal-hal yang mungkin kalau saya sibuk sama handphone, nggak akan saya perhatiin. Kalimat jauh dari handphone bikin dekat dengan diri dan kehidupan itu benar adanya.

Saya juga ngerasa bisa nikmatin momen sepenuhnya.

Waktu nonton acara kakak saya, itu kayaknya kalau udah pegang handphone saya bakal sibuk dan gatel buat ngeabadiin momen disana. Iya sih ada juga perasaan bahwa yah sayang ya nggak bisa dikenang lewat foto atau video, tapi sungguh, di sisi lain saya juga ngerasa bersyukur karena beneran bisa nikmatin dengan penuh. Sekarang kalau keinget waktu itu, saya malah senang karena bisa mengenang dengan lega. Lega karena momen itu beneran saya nikmatin bener-bener, nggak ada rasa semacam 'kurang nikmatin momen waktu itu' yang muncul di diri saya.

Setelah pulang inilah, saya ngerasa penggunaan handphone buat saya selama ini kayaknya cenderung udah melewati batas juga, sih. Sosial media yang paling bikin saya ngerasa agak 'nggak sehat' itu kayaknya Instagram. Enggak, saya juga nggak nyalahin platform sosial media yang ini, Instagram sama sekali nggak salah, menurut saya. Kalau ada yang harus disalahkan, saya lebih milih nyalahin diri sendiri aja, sih. Waktu itu, Instagram entah kenapa lagi riweuh dan nggak sehat buat saya, alhasil dua hari kemudian, saya langsung uninstall.

Bagian lucunya adalah waktu setelah uninstall tersebut, beberapa teman banyak yang mengira saya patah hati. Pas itu saya ketawain aja sambil remeh bilang, "ngelawak?" Lalu, singkat cerita, saya kena karma. Beberapa waktu kemudian saya dilihatin sesuatu di Instagram sama temen saya yang bikin saya agak kaget. Bukan patah hati, cuman ya gitulah HAHA MAU NGOMONG APASI ya kita semua pasti pernah lah ya ngerasa kaget dengan sesuatu dan itu agak mempengaruhi mood untuk beberapa hari. Berkat kejadian itu, saya makin mantep buat puasa Instagram dulu aja lah, sampai saya siap.

Saya juga pernah ada di fase takut sama Instagram. Ini aneh, sih, jujur, saya aja nggak paham kenapa. Pas itu ketakutan saya adalah ketika lihat orang lain buka Instagram dan dengan santainya ngelihat Instagram dengan luwes. Lucunya adalah, saya bukan takut nantinya saya lihat sesuatu yang bikin saya sedih, tapi saya malah takut orang tsb (yang sedang buka Instagram) akan ngelihat sesuatu yang bikin dia sedih. Saya nggak mau ngelihat orang yang harusnya buka Instagram untuk ngelepas penat maupun buat ngisi waktu luang belaka, pada akhirnya ngerasa sakit hati dan sedih.

credit


Hari-hari tanpa Instagram berjalan mulus-mulus aja.

Bulan September saya dua kali buka Instagram untuk balas dm dan nge post tentang ulang tahun Hilma dan Mas. Itu buka Instagram cuma 24 jam aja (iya, saya waktuin) atau nggak pinjam hp Mbak saya. Lalu sampai akhir tahun saya nggak buka Instagram. Baru bulan Januari, saya dapet surel dari Instagram yang ngabarin kalau ada beberapa dm masuk, akhirnya saya buka cuma sekedar buat ngebalesin aja. Kalau kepo sama profil Instagram orang, saya pinjem handphone Mbak buat buka lewat Instagram beliau, atau buka lewat laptop–itu pun saya wanti-wanti buat nggak ke home Instagram saya.

Perbedaannya cuma saya jadi nggak update masalah kabar-kabar maupun gosip sekitar HAHA pun itu juga nggak penting dan nggak ngaruh karena saya pun di Instagram cuma punya satu akun aja dan itu pun nggak terlalu banyak nge follow second account orang–yang katanya biasanya pada leluasa ghibah lewat akun kedua, tapi ya nggak tahu juga, sih. Pada dasarnya saya emang clueless dan nggak update, jadi ya yaudah, nggak ada perubahan signifikan maupun merasa FOMO, karena emang anaknya bukan tipe yang FOMO, sih. Overall, di saya, nggak buka Instagram itu bukan hal sulit.

Pada akhirnya, kemarin ini saya beranikan diri buat buka Instagram. Pada awalnya cuma balesin dm aja, tapi terus berujung buka-buka beberapa profil orang.

Setelah itu, kalimat pertama yang ada di kepala saya cuma satu : aku kemana aja, sih.

Rasanya beneran kaya baru keluar gua dari hibernasi panjang, serius. Banyak hal-hal yang bikin saya mengeluarkan kalimat, "Oalah jebul pas itu tu ini to yang dimaksud" ataupun "Lhoh aku baru tau kalau ada ginian?!"

Rasanya nano-nano. Beneran. Saya nggak tahu ini emosi apa, ada rasa senang karena saya ngerasa nggak setakut dulu kalau mau buka Instagram walau kemarin beberapa waktu ngerasa harus ambil nafas dalam-dalam dulu beberapa saat untuk lanjut lihat lagi. Ada juga rasa khawatir dan takut yang masih tersisa di dalam diri.

Sampai akhirnya saya akhiri kegiatan melihat-lihat sosial media dan saya merenung lama.

Saya belajar sesuatu; sosial media itu nggak menggambarkan kehidupan manusia seutuhnya.

Ini aturan paling dasar yang saya dan mungkin orang-orang sering lupa.

credit


Simpelnya adalah, ibarat diri kita itu adalah pemilik toko, sosial media itu ibarat rak estalase atau rak pajangan yang terlihat dari luar. Sebagaimana toko pada umunya, kita sendiri, sebagai pemilik, pasti ingin menyajikan hal-hal terbaik di estalase depan toko kita.

Hukum sosial media nampaknya sama.

Itulah mengapa foto-foto di sosial media penuh dengan foto liburan, ekspresi tertawa, momen ulang tahun, pemandangan yang indah, dan banyak hal-hal yang terkesan sempurna. Momen-momen terbaik. We make sure that we offer something good to look at.

Ibarat kehidupan kita itu buku, hal-hal yang kita unggah di sosial media adalah kalimat-kalimat mutiara, kalimat-kalimat yang kita stabilo. Kita hanya mengunggah momen-momen yang pantas disebut sebagai highlight kehidupan kita.

Ironisnya, di sisi lain kita pun juga sering membandingkan diri kita dengan hal-hal tersebut. Dimana sejatinya, itu nggak adil dan nggak imbang. Kita, dengan masalah-masalah yang sedang dihadapi, kesulitan-kesulitan yang sedang ada di depan mata, dan segala hal-hal yang sedang kita jalani, membandingkan diri dengan foto orang lain sedang tertawa di pantai, menikmati liburannya. Lantas mengecap bahwa diri kita menyedihkan dan bertanya-tanya mengapa kehidupan orang lain terlihat mudah dan dipenuhi gelak tawa.

Padahal, yang namanya sosial media itu mempersilakan dan memberi kuasa pada kita untuk memilih; foto mana yang akan diunggah hari ini? Foto mana yang akan baik untuk menunjukkan citra diri saya yang paling hebat? Video mana yang baiknya saya unggah untuk jadi personal branding saya?

Semisal saya stress berat saat ujian akhir semester di hari sekolah, namun saat akhir pekan saya punya kesempatan berlibur ke pantai, jelas saya akan memilih momen liburan saya untuk saya unggah di sosial media. Nggak mungkin kan saya unggah foto saya sedang nangis dua jam saat stress ujian?

Sama seperti saat kita mulai membandingkan pribadi kita dengan foto seseorang yang sedang tertawa riang di momen indahnya. Hal itu bukan berarti kehidupan sosok tersebut jauh lebih enak dan lebih mudah. Kita cuma tahu momen terbaik yang dia pilih untuk bagikan di sosial media, kita jelas clueless mengenai kehidupannya yang pasti lebih kompleks. Each of us has our own battle inside.

Hal ini sangat saya sadari ketika menemukan foto-foto teman-teman terdekat saya, yang juga mayoritas mengunggah momen-momen terbaik mereka beberapa bulan terakhir (yang obviously, baru sempat saya lihat kemarin). Melihat unggahan mereka yang penuh dengan senyum dan tawa, lalu saya ingat bahwa di sisi lain, selama beberapa bulan terakhir, saya tahu persis masalah-masalah apa yang pernah terjadi di hidupnya, kejadian-kejadian kurang mengenakkan apa yang sempat menimpanya, maupun kesulitan-kesulitan apa yang pernah di hadapinya.

Melihat unggahan mereka membuat saya bergumam, “Kayaknya aku tahu mereka lebih dari yang mereka unggah, deh.” Rasanya bersyukur, senang, dan tenang. Bukan karena mengetahui masalah dan kesulitan yang mereka alami, namun mengetahui fakta bahwa saya diberi kesempatan untuk mengenal mereka lebih dalam secara personal. Kesempatan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di balik unggahan penuh tawa di sosial media.

Mengenal secara utuh sebagai manusia.

Hal ini buat saya sadar bahwa, ya kita memang (cuma) manusia, ya.
Punya kelebihan dan kekurangan, sisi baik dan buruk, hari bahagia dan sedih, tawa dan tangis.

We are indeed perfectly imperfect.
We are all.

Hal ini buat saya belajar untuk terus menyempatkan diri untuk bertanya kabar pada teman-teman sekitar, basa-basi, menawarkan bantuan, dan segala usaha interaksi nyata lainnya. Jangan sampai kita mudah berasumsi bahwa kehidupan orang-orang sudah sempurna dan tidak butuh bantuan apa-apa. Karena apa yang kita lihat di sosial media, tidak gambarkan dirinya seutuhnya.

Hati-hati juga dalam bertindak-tanduk disana. Baik menghindari hal-hal yang menyakiti orang lain maupun diri sendiri. Tidak ada salahnya ambil rehat sebentar dari dunia maya ketika merasa terlalu ramai. Buat lingkungan dunia mayamu suportif dan bantu diri untuk berkembang. Saya sendiri akhirnya membuat akun lain untuk melakukan hobi saya. Jadikan pengalaman dunia mayamu nggak bikin takut untuk maju.

Jangan sampai sosial media buat kita lupa bahwa kita juga punya dunia nyata.
Jangan sampai sosial media buat kita lupa bahwa kita perlu menghargai sesama.
Jangan sampai,
sosial media,
buat kita lupa;

bahwa
kita
ini,

(ya)
manusia
(aja).


warm regards,
Qonita Aryana

Komentar

  1. gimana ni qonita cara mengatasi kepo di first acc yang sebenernya juga sadar kalo itu toxic buat diri sendiri? dan ujung-ujungnya nyesel:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii! Maaf yaampun baru buka :( hmm kadang aku juga gitu sih HAHAH cumaa, makin kesini biasanya berhenti dulu bentar sebelum nge klik dan nanya, "perlu ga sih?" sambil belajar aware sama diri sendiri juga. Memaang butuh proses sih kayanyah untuk ituu cuman sambil belajar aja untuk bisa tahu apakaah diri sendiri memang bisa senang kalau kepo nya terbayar, atau sebaliknya. Semogaa membaantu!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Or Maybe, Being Clueless (In An Era that Slightly Force You to Become An Omniscient); Is Not A Bad Thing After All

Pendidikan Karakter dan Prinsip Pola Pikir : Pondasi Belajar yang Jarang Diajarkan di Sekolah

Mungkin Kita Perlu Ilmu Mengenali Diri dan Menanggulangi Patah Hati